Minggu, 30 Desember 2012

Cara Perawatan Wajah: Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat adalah salah satu gangguan kulit yang umumnya muncul di beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, dan punggung. Namun umumnya jerawat yang sangat mengganggu penampilan kita adalah jerawat yang tumbuh di kulit wajah kita. Hal ini disebabkan karena  wajah adalah salah satu bagian tubuh yang seringkali terlihat dan menjadi daya tarik tersendiri khususnya daya tarik bagi lawan jenis. Tak heran jika banyak orang yang sering mengeluh dan stress jika wajah mereka ditumbuhi gangguan kulit yang cukup mengganggu penampilan kita. Apa saja gejala dan penyebab jerawat yang tumbuh di wajah dan beberapa bagian tubuh kita.  Gejala awal munculnnya gangguan kulit yang disebut sebagai jerawat ini setiap individu berbeda. Namun biasanya gejala umum dari munculnya jerawat adalah munculnya lesi yang berupa komedo terbuka, pustule, komedo tertutup, nodus, jaringan parut, dan kista. Lesi-lesi tersebut akan tumbuh pada  area-area tubuh yang rawan ditumbuhi gangguan kulit ini. Area-area rawan tersebut adalah daerah punggung, wajah, dagu, leher, dan bahu.

Penyebab Jerawat

Terdapat beberapa penyebab utama munculnya jerawat, yaitu: faktor hormone yang biasanya akan di alami oleh laki-laki dan perempuan yang sudah memasuki masa puber, stress, tersumbatnya pori-pori, kulit wajah terlalu berminyak, dan menempelnya bakteri-bakteri penyebab jerawat di wajah kita.Tak heran pada saat wanita akan menstruasi, jerawat akan muncul di wajah. Jerawat bisa saja meradang dan terjadi infeksi jika pori-pori wajah pada tipe kulit wajah berminyak tersumbat oleh minyak dan kotoran dari luar sehingga area ini akan menjadi tempat yang subur bagi bakteri-bakteri penyebab jerawat. Jika dibiarkan tanpa adanya perawatan, radang atau infeksi akan menimbulkan jerawat yang bernanah.

Bahan-Bahan Alami Penghilang Jerawat

Ada banyak cara penanganan jerawat yang bisa kita aplikasikan pada wajah kita yang berjerawat. Salah satunya adalah perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.  Bahan-bahan yang diperlukan untuk menghilangkan jerawat sangat mudah didapatkan bahkan di dapur kita. Apa saja bahan-bahan alami yang digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami? Berikut adalah informasinya.

Mentimun

Tentu kita sangat familiar dengan buah yang satu ini. Mentimun adalah salah satu bahan alami yang mempunyai khasiat untuk menyembuhkan jerawat di wajah kita secara alami. Jenis buah yang satu ini kaya akan vitamin dan mineral serta berbagai macam zat yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh kulit kita khususnya kulit wajah. Cara menggunakan bahan alami ini sebagai bagian dari perawatan wajah agar terhindar dari jerawat sangat mudah. Aplikasikan masker yang terbuat dari  buah mentimun yang sudah dihancurkan pada wajah kita. Tunggu beberapa menit dan bersihkan wajah kita dengan menggunakan air. Lakukan secara rutin dan kita akan melihat hasilnya.

Temulawak dan Kunyit

Kunyit dan temulawak adalah dua bahan alami lain yang sangat ampuh untuk mengatasi jerawaat. Keduanya kaya akan zat kurkumin-nya yang berkhasiat sebagai zat anti inflamasi atau zat anti radang yang disebabkan oleh infeksi  bakteri pada wajah. Temulawak dan kunyit bisa kita manfaatkan sebagai obat dalam atau obat minum yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara menyeluruh.  Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, minum ramuan tradisional ini sehari dua kali secara rutin.

Tomat

Bahan alami berikutnya yang terkenal sangat efektif untuk menghilangkan jerawat adalah tomat. Selain bisa dikonsumsi, tomat juga biasa digunakan sebagai bahan alami untuk menunjang kecantikan kulit  wajah. Zat-zat alami yang sangat baik untuk kulit wajah seperti Vitamin dan mineral akan membantu wajah yang berjerawat untuk merecovery wajah yang sudah berjerawat. Gunakan tomat yang sudah masak sebagai masker dengan cara dihancurkana atu dihaluskan. Kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.  Langkah terakhir bilas dengan air hangat.
Beberapa bahan alami di atas bisa anda guanakan sebagai bagian dari cara menghilangkan jerawat secara alami. Jika jerawat yang ada di wajah kita sudah benar-benar hilang dan sudah tidak ada bekas jerawat, giliran kita untuk selalu melakukan perawatan wajah agar wajah terhindar dari munculnya jerawat. Caranya cukup mudah dan sederhana. Kita perlu melakukan perlakuan khusus seperti selalu menjaga kebersihan kulit wajah.  Cukup dengan mencuci wajah kita setiap kali setelah kita beraktivitas di luar ruangan untuk mencegah menempelnya kotoran dari luar. Piilihlah pembersh muka yang cocok dengan jenis kulit kita agar tidak menimbulkan gangguan kulit lainnya. Mencuci wajah kita juga perlu dilakukan pada saat kita akan tidur dan setelah bangun tidur. Pada saat tidur, kita juga bisa  menempelkan buah tomat yang sudah diiris tipis di beberapa bagian wajah kita untuk mencegah timbulnya jerawat.
Kita dilarang memegang atau bahkan memencet jerawatb karena dapat menyebabkan luka dan infeksi. Jika sudah terjadi infeksi maka kotoran dan bakteri akan mudah masuk dan jerawat pun akan semakin parah. Dan pada saat akan mencuci wajah, sebaiknya hindari pemakaian  pembersih wajah yang mengandung scrub karena scrub berpotensi akan menyebabkan iritasi pada kulit yang berjerawat. Jika terjadi maka  jerawat akan bertambah parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar