Jumat, 14 Desember 2012

Kecantikan Kulit Badan: Memutihkan Lipatan Kulit Agar Tidak Menghitam

Area lipatan kulit seperti ketiak, lutut, siku dan leher seringkali menghitam tanpa disadari. Untuk memutihkannya bisa menggunakan bahan - bahan alami. Apa saja bahan - bahan itu dan bagaimana cara pencegahannya? temukan disini :

1. KETIAK
Penyebab : Infeksi akibat deodoran, pencukuran, dan penumpukan sel kulit mati.
Cara Mengatasi : Ambil satu genggam kacang hijau, tumbuk hingga halus dan ayak. Ambil bagian yang halus, kemudian campur dengan sedikit susu cair yang mengandung nutrisi penting untuk kulit, aduk merata hingga menjadi pasta. Oleskan ke kedua ketiak dan biarkan setengah mengering. Setelah itu gosok - gosok perlahan hingga semua kotoran dan sel kulit mati terangkat. Bersihkan dengan air dingin. Lakukan tiga sampai empat kali seminggu sampai ketiak kembali cerah.

2. LEHER
Penyebab : Area ini sering menghitam karena sering tertutup rambut dan jarang dirawat
Cara Mengatasi : Ambil kapur sirih sebanyak satu sendok teh, kemudian campur dengan perasan air jeruk nipis. Oleskan ke area leher bagian belakang biarkan mengering. Bilas dengan air hangat dan keringkan. Lakukan satu minggu satu kali.

3. LUTUT
Penyebab : Area lutut sering menghitam karena penumpukan sel - sel kulit mati dan benturan dengan benda - benda keras.
Cara Mengatasi : Dalam posisi duduk atau lutut ditekuk, gosok lutut dengan loofah atau sikat halus secara perlahan. Setelah itu usapkan buah aprikot atau kacang almond yang sudah dihancurkan untuk mengangkat sel kulit mati. Kemudian untuk memutihkan, oleskan jeruk nipis agar kulit lebih cerah. Lakukan satu kali seminggu sampai kulit lutut lebih cerah.

4. SIKU
Penyebab : Penumpukan sel - sel kulit mati, dan sering digunakan untuk penyangga badan sehingga mudah lebam.
Cara Mengatasi : Campur perasan lemon, lendir lidah buaya dan perasan timun, masing -masing 2 sendok makan. Aduk hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan ke area siku dan biarkan mengering. Bilas dengan air dingin sampai bersih. Lakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.
Cara lainnya ; gunakan tepung kacang hijau yang dicampur dengan yogurt. Cara ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Lakukan seminggu sekali, agar kulit tidak iritasi.
Kedua cara ini bisa digabung. Namun, perlu diperhatikan bahwa untuk pengelupasan hanya diperbolehkan satu minggu sekali.

CARA PENCEGAHAN :
Area lipatan kulit memang cenderung untuk menjadi kasar dan menghitam. Hal ini disebabkan karena beberapa hal. Bisa juga karena penyakit atau gangguan hormon dalam tubuh, tentu harus mendapat pengobatan dari dokter. Untuk membedakannya, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Lipatan kulit yang menghitam ini sebenarnya bisa dicegah, yaitu : usahakan agar kulit di area lipatan itu tidak teriritasi dan hindari benturan - benturan keras yang menyebabkan kulit menjadi lebam. Sementara untuk area ketiak, sebaiknya hindari perlakuan kasar seperti mencabut atau mencukur rambut. Hindari pemakaian deodorant yang membuat iritasi. Jika kulit memang sensitif sebaiknya gunakan tawas untuk menghilangkan bau badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar